Apa itu UKM

Apa itu UKM

Posted on

Saat ini banyak masyarakat apalagi anak-anak muda zaman sekarang lebih memilih menjadi seorang pengusaha dibandingkan dengan bekerja dengan perusahaan atau instansi pemerintah. Hal ini sering kali terjadi karena kebutuhan yang semakin melonjak akan tetapi gaji yang diterima dirasa sangat kurang.

Dengan melakukan usaha maka banyak masyarakat yang lebih kreatif dan juga inovatif mengembangkan ide-idenya dan menjual ide tersebut kepada masyarakat luas. Namun untuk melakukan usaha tentu harus memiliki modal yang besar, pengetahuan bisnis yang baik, serta memiliki mental yang kuat.

Salah satu cara berusaha anak muda zaman sekarang adalah dengan menggunakan UKM dan jika sudah berkembang sangat baik nantinya akan dilakukan pengembangan-pengembangan lainnya dan akhirnya menjadi besar.

Tidak perlu muluk-muluk melihat ke hasil yang banyak jika Anda belum mengetahui dasarnya atau dari tahap UMK terlebih dahulu. Ingin tahu mengenai UMK itu sendiri? berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan detail:

Apa itu UKM?

Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih jauh mengenai UKM, ada baiknya apabila Anda mulai mengetahui kepanjangan dari UKM itu sendiri. UKM merupakan singkatan dari Usaha Kecil Menengah yang merupakan salah satu jenjang usaha dengan skala kecil dan menengah.

UKM adalah usaha secara mandiri sehingga untuk usaha yang masuk dalam anak perusahaan atau cabang tidak akan masuk dalam kelompok UMK walaupun skala kecil atau sedang. Untuk lebih jelasnya dan lebih formal UKM merupakan salah satu usaha kecil yang memiliki keuntungan kurang dari 300 juta dan 500 juta untuk usaha sedang dengan jumlah karyawan di bawah 30 orang.

Contoh UKM

contoh ukm

Ada beberapa contoh UKM yang ada di Indonesia, di bawah ini akan kita bahas mengenai UKM yang paling banyak dilakukan di Indonesia khususnya bagi anak muda yang kreatif dan juga inovatif:

  1. UKM pada Bidang Kuliner

Pertama adalah UKM di bidang kuliner. Bidang ini sangat cocok bagi Anda yang suka kegiatan masak dan juga memiliki kemampuan dalam menyajikan dengan baik. Anda bisa menjual produk makanan Anda secara mandiri dengan rajin melakukan promosi. Contoh UKM kuliner ini adalah bisnis salad buah, bisnis aneka sambal, dan lain sebagainya.

  1. UKM pada Bidang Tata Busana

selain dunia kuliner, masyarakat juga sangat tertarik dengan dunia tata busana. Hal ini dikarenakan masyarakat yang sudah mulai melek akan penampilan sehingga lebih konsumtif pada berbagai jenis pakaian. Contoh UKM di bidang Fashion adalah membuka jasa jahit atau membuka butik sendiri dengan karya Anda sendiri.

  1. UKM pada Bidang Kerajinan Tangan

Saat ini kerajinan tangan juga menjadi suatu hal yang sangat menarik. Gerakan cinta tanah air berhasil merebut hati masyarakat untuk selalu mencintai produk dalam negeri dan juga berbagai ragam kerajinan tangan yang sangat terkenal di negara kita. Contohnya adalah kerajinan sepatu di Bandung, kerajinan batik tulis, dan lain sebagainya.

  1. UKM pada Bidang Pendidikan

Berikutnya Anda bisa membuka UKM pada bidang pendidikan. Anda yang memiliki kemampuan pada bidang pendidikan dan juga memiliki relasi teman yang juga pandai dalam berbagai jenis mata pelajaran maka Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat peluang bisnis. Contoh UKM di bidang pendidikan ini misalnya adalah dengan membuka tempat bimbingan belajar, membuka tempat les, membuat pelatihan, dan lain sebagainya.

  1. UKM pada Bidang Otomotif

Bagi para lulusan SMK atau kuliah di bagian teknik mesin, membuat peluang usaha sendiri di bagian UMK bidang otomotif ini juga bisa menjadi suatu pilihan yang tepat. Contohnya adalah membuka toko spare part, bengkel mini, dan lain sebagainya

Peran UKM untuk Indonesia

usaha kecil menengah

Walaupun UKM merupakan salah satu usaha yang skalanya masih sangat kecil akan tetapi ternyata peran UKM dalam perekonomian Indonesia sangat besar. Dengan adanya UKM ini membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan karena tersedia berbagai jenis lapangan pekerjaan.

Selain itu, UKM juga membuat masyarakat menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga apa pun pendidikannya tetap bisa bekerja dan tidak menjadi pengangguran yang mana pengangguran ini menjadi salah satu permasalahan di negara kita.

Dengan pendirian UKM juga membuat pendapatan masyarakat menjadi lebih besar dan ikut memberantas kemiskinan yang saat ini masih membelenggu negara kita.  Dengan UKM pula akan meningkatkan perekonomian negara karena meningkatkan jumlah pendapatan negara.

Cara Mengembangkan UKM Untuk Kemajuan Ekonomi

Tips UKM sukses ini sebenarnya merupakan hal yang opsional dan perlu kemampuan dan juga kemauan dalam belajar membentuk dan juga mengembangkan  UKM itu sendiri sehingga menjadi peluang usaha yang besar nantinya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lalukan untuk membuatnya menjadi lebih diminati masyarakat:

  1. Melakukan Promosi Efektif

Yang pertama adalah dengan melakukan promosi secara terus menerus untuk produk dan juga UKM Anda. Promosi bukan sekadar promosi membuat pamflet, memasang MMT dan lain sebagainya akan tetapi Anda harus tepat dalam promosi yaitu sesuai dengan kemauan zaman yaitu dengan menggunakan internet sehingga lebih mudah untuk dijangkau oleh para pengusaha untuk mendapatkan banyak pelanggan.

  1. Mengenali Kompetitor dengan Baik

Selain melakukan promosi yang efektif Anda harus mengetahui bagaimana kompetitor tersebut. Cari beberapa kelemahan dari UKM kompetitor dan buat beberapa hal yang belum ada dari kompetitor tersebut.

Cara ini merupakan cara yang sehat dan ideal bagi para pengusaha akan tetapi yang paling tidak boleh adalah menyontek atau meniru desain grafis orang lain. Jangan sampai karena ingin membuat berbeda malah menyamai sehingga Anda harus ditindak secara tegas.

  1. Memberikan Layanan Konsumen yang Maksimal

Memberikan layanan yang terbaik mungkin di dalam benak Anda adalah melayani dengan menggunakan pesan singkat atau bertemu langsung.  Sebenarnya bisa diisi dengan berbagai hal sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal.

Misalnya pada pandemi seperti saat ini  yang membuat sebagian orang belum berani ke luar rumah.  Lalu Anda bisa menyediakan jasa pengiriman yang tepat dan mudah dengan menambah sedikit untuk biaya pengantaran, dan lain sebagainya.

Ide-ide yang muncul ini akan memberikan layanan yang sangat maksimal dan memuaskan para pelanggan sehingga mau menggunakan produk dengan jasa yang Anda tawarkan. Pelayanan juga sebaiknya selalu ramah karena keramahan ini lah yang menjadi suatu daya tarik bagi banyak masyarakat.

Penutup

Itu tadi beberapa informasi mengenai UKM. Anda pasti sudah mengetahui apa itu UKM, apa saja contoh dari UKM, peran UKM untuk negara dan tips sukses menjalani UKM. Bisnis atau usaha yang dinilai kecil ini akan tetapi sangat berguna bagi masyarakat dan juga untuk keberlangsungan perekonomian negara. Jangan patah semangat bagi Anda yang kini sedang merintis bisnis dengan UKM, terus berjuang hingga perusahaan Anda menjadi lebih besar dan sukses.