Tempat Wisata Di Jakarta

Tempat Wisata Di Jakarta

Posted on

Jakarta sebagai Ibukota Indonesia tentu saja memiliki beberapa wisata menarik yang banyak sekali dikunjungi para turis. Tentu saja 10 tempat wisata di Jakarta ini cukup menggugah minat banyak orang untuk mendatangi. Tapi, apakah Anda tahu bahwa ada banyak spot wisata yang jarang sekali diketahui.

Hal ini sendiri karena memang lokasi wisata ini terbilang tersembunyi dan juga jarang sekali dipublikasikan oleh media. Anda tidak akan menyesal apabila mengunjungi daftar tempat wisata di Jakarta yang memang tidak banyak orang tahu. Berikut ini adalah daftarnya.

Tempat Wisata Di Jakarta

1. Museum Layang-layang

Siapa yang menyangka kalau Indonesia mempunyai musim layang-layang yang berada di Jakarta. Mungkin bagi orang Jakarta, museum ini juga tidak begitu dikenal. Terletak di Jl.H.Kamang No. 38 Pondok Labu, Jakarta selatan, museum ini berisikan berbagai macam layangan yang ada di Indonesia.

Lihat juga Tempat Wisata di Bogor

Masuk dalam tempat wisata di Jakarta Selatan, tentu saja ini akan memberikan pengetahuan baru kepada Anda bahwa ada banyak sekali layangan yang asli Negara ini.

2. Pasar Santa

Jika Anda ingin menikmati wisata kuliner kekinian, saat ini ada Pasar Santa yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Banyak sekali muda mudi yang nongkrong di pasar ini untuk mencicipi beberapa kuliner andalan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda juga dapat mengunjungi Pasar Santa bersama dengan keluarga.

Namun, ketika Anda yang Muslim jika ingin mencicipi kuliner yang ada lebih baik bertanya terlebih dahulu bahan apa saja yang dipakai. Karena ada beberapa penjual yang memang khusus menjual makanan non halal. Tapi tidak perlu ragu, karena banyak pedagang yang menjual makanan halal dan lezat. Tentu saja, lokasi ini masuk daftar 10 tempat wisata di Jakarta yang wajib Anda datangi.

3. Museum Satria Mandala

Bagi beberapa orang pernah mendengar tentang Museum Satria Mandala yang terletak di area Jakarta Selatan. Walau namanya terkesan familiar, namun tidak banyak yang tahu bahwa museum khusus militer ini ada. Di dalam museum ini Anda akan banyak menemui beberapa senjata militer bahkan bambu runcing yang dipergunakan untuk melawan penjajah di jaman sebelum kemerdekaan.

Tidak hanya itu, di dalam Museum Satria Mandala Anda juga akan beberapa baju militer yang pernah digunakan para jendral pada jaman dulu. Tentu saja ini menjadi salah satu lokasi tepat untuk menjadi wisata edukasi yang sangat baik bagi anak-anak. Untuk masuk ke dalam museum ini juga sangat terjangkau yaitu hanya sekitar 5.000 rupiah saja.

4. Museum Macan

Ingin mengunjungi tempat wisata di Jakarta Barat yang sedang hits dan tidak banyak orang yang tahu? Museum Macan adalah jawabannya. Museum yang satu ini tidak seperti namanya, di mana di dalam museum ini berisikan hasil karya seni modern dan kontemporer dari seniman dunia. Tentu saja, jika Anda sangat menyukai dunia seni tempat ini sangatlah wajib untuk dikunjungi.

Lokasi Museum Macan ada di kawasan Kebon Jeruk, di mana untuk bisa masuk ke museum ini Anda harus merogoh kocek 100.000 rupiah untuk dewasa dan 80.000 rupiah untuk anak-anak. Dengan harga tersebut, Anda dapat melihat hasil karya yang unik, menarik dan bernilai tinggi. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat berfoto di depan karya-karya yang dipajang.

5. Rumah Si Pitung

Siapa yang tidak mengenal Pitung? Sosok legendaris yang terkenal akan sepak terjangnya ketika Indonesia masih di bawah  Hindia Belanda. Di mana ia terkenal selalu menjadi pelopor untuk melawan penjajah di tanah Betawi. Namanya yang tersohor dan menjadi legenda, membuat kisah perjalanan hidupnya selalu diceritakan turun temurun.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan Si Pitung pada jaman penjajahan, maka Anda dapat mengunjungi rumahnya yang terletak di Marunda. Rumah Si Pitung yang masuk dalam tempat wisata di Jakarta Utara ini wajib Anda kunjungi. Tiket masuk ke Rumah Sang Legenda sendiri sangatlah murah, hanya 5.000 rupiah saja.

6. Museum Bank Indonesia

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Bank Indonesia memiliki museum yang mencatat perjalanan tentang perekonomian Indonesia. Museum yang terletak di daerah Pinangsia, Jakarta Barat ini masih terbilang sangat baru karena baru diresmikan pada tahun 21 Juli 2009. Museum ini diresmikan secara langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Di dalam Museum Bank Indonesia, terdapat banyak sekali benda bersejarah termasuk uang-uang kuno dari masa kerajaan nusantara yang pernah beredar. Tidak hanya itu saja, uang pada saat penjajahan pun masih tersimpan dengan baik di museum ini. Masuk dalam daftar 10 tempat wisata Di Jakarta, ternyata tidak banyak yang mengetahui adanya museum ini.

7. Setu Babakan

Berbicara daftar tempat wisata di Jakarta sudah pasti akan teringat dengan suku aslinya yaitu Betawi. Kebudayaan suku Betawi yang sangat unik bisa Anda lihat di lokasi wisata Setu Babakan. Terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan dan dekat sekali dengan Kota Depok, di dalam Setu Babakan Anda akan menemukan sebuah danau buatan seluas 30 hektar.

Di pinggiran danau Anda dapat duduk bersantai di bawah pohon-pohon rindang yang terdiri dari berbagai jenis. Tidak hanya dapat menikmati sejuknya pepohonan, Anda juga bisa menaiki wahana bebek air yang tersedia. Ada juga berbagai kuliner khas Betawi yang bisa Anda cicipi seperti kerak telor, bir pletok, ketoprak dan lain sebagainya.

8. Museum Taman Prasasti

Ada satu museum yang juga jarang sekali diketahui oleh banyak orang yaitu Museum Taman Prasasti. Seperti namanya yang mana dalam museum ini terdapat koleksi ratusan prasasti dari zaman kuno. Tidak hanya prasasti tetapi juga ada beberapa batu nisan dari orang yang tidak dikenal namun memiliki kontribusi besar terhadap Negara.

Lihat juga Tempat Wisata Di Bandung

Bahkan peti mati yang digunakan mengangkat jenazah Presiden Soekarno pun ada di museum ini. Walaupun banyak berisikan batu nisan, namun Anda tidak perlu takut karena tidak ada kuburan yang ada di lokasi ini. Tempat ini menyimpan banyak sekali benda bersejarah yang perlu sekali untuk dipelajari dan juga diingat.

9. Museum Gajah

Nama Museum Gajah mungkin tidak terlalu akrab di telinga masyarakat, namun jika berbicara Museum Nasional maka akan banyak orang yang mengetahui. Ya, Museum Gajah dan Museum Nasional adalah satu museum yang sama. Dimana lokasi ini tercatat sebagai Museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Isinya pun ada barang arkeologi, ekologi dan lain sebagainya.

10. Hutan Mangrove

Di dalam 10 tempat wisata di Jakarta yang jarang diketahui, Hutan Mangrove adalah salah satunya. Lokasi wisata ini terletak di Pantai Indah Kapuk, di mana banyak sekali masyarakat Jakarta yang tengah penat datang mengunjungi tempat ini. Hutan yang sejuk serta nyaman ini memberikan sensasi tersendiri untuk dapat merefresh pikiran.