Pantai Jogan

Pantai Jogan

Posted on

Pantai Jogan berbeda dengan pantai pada umumnya yang menawarkan kelembutan pasir putih. Pantai ini memiliki daya tarik sendiri yang tidak dimiliki pantai lainnya, yaitu keeksotisan air terjun dan pantai yang menjadi satu.

Air Terjun Pantai Jogan

Dengan ketinggian mencapai 10 meter, air terjun Pantai Jogan jatuh berbaur langsung dengan ombak laut. Air terjun akan mengalir deras pada musim hujan. Sedangkan pada musim kemarau, air terjun berpotensi kering.

Jika Anda ingin menikmati keindahan air terjun, Anda bisa datang saat musim hujan. Namun, Anda juga perlu hati-hati karena akses menuju pantai menjadi lebih licin dari biasanya.

Selain air terjun, tebing-tebing tinggi yang menyelimuti pantai serta laut lepas juga menambah keelokan pantai ini. Tak heran, pantai ini memang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan pantai lainnya.

Untuk menuju tempat wisata ini bersama rombongan, kamu bisa menggunakan jasa rental bus pariwisata yang ada di Yogyakarta.

Tersembunyi Di Balik Perbukitan Karst

Pantai Jogan terletak di Dusun Duwet, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota, perlu sekitar dua jam perjalanan menuju lokasi pantai. Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor melewati perbukitan karst.

Kabar baiknya, jalanan hingga Pantai Siung sudah beraspal. Namun dari sini, jalanan Anda akan dihadapkan oleh jalan setapak. Perjalanan masih harus dilanjutkan selama kurang lebih 400 meter lagi menuju lokasi pantai yang berada di balik perbukitan karst.

Jalan menuju lokasi pantai tampaknya tak terlalu mulus karena sering dilalui mobil tangki air. Maklum, karena di sekitar lokasi pantai ini terdapat tiga titik mata air.

Aktivitas Menantang

Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini adalah tempat yang cocok untuk menguji adrenalin. Selain medan yang sulit, pantai ini juga menawarkan aktivitas yang menantang. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda coba.

  • Turun Tebing

Istilah turun tebing ini lebih dikenal dengan sebutan rappeling. Di pantai ini, Anda tidak hanya akan merasakan sensasi menuruni tebing, tetapi juga sensasi di guyur air terjun.

Bagi Anda yang masih pemula dan belum pernah melakukan aksi turun tebing atau rappeling ini, Anda tidak perlu khawatir. Pengelola pantai menyediakan pemandu profesional dan instruktur bersertifikat yang akan menjaga Anda selama melakukan aktivitas rappeling ini.

Tidak hanya itu, pengelola juga menyediakan alat pengaman berstandar Internasional seperti helmet dan seat harness. Jadi, walaupun Anda seorang pemula, Anda tetap dapat mencoba aktivitas ini. Terlebih lagi, lumut-lumut pada tebing air terjun juga rutin dibersihkan agar tidak licin.

Untuk dapat mencoba aktivitas turun tebing ini, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000/orang dan Rp75.000/orang untuk wisatawan mancanegara.

  • Turun Tangga

Apabila Anda terlalu takut melakukan turun tebing, Anda dapat menuju ke bawah air terjun menggunakan tangga yang disediakan. Selain memiliki spot foto yang bagus berlatar belakang air terjun, Anda juga dapat merasakan sensasi berendam di bawah air terjun. Untuk dapat menggunakan fasilitas tangga ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp4.000/orang.

  • Selfie Perahu

Tentunya, Anda ingin mengabadikan momen perjalanan Anda dengan berfoto. Pengelola pantai menyediakan spot selfie perahu yang dapat Anda manfaatkan. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000/orang

  • Sunset Spot Terbaik dan Area Camping

Jika Anda sudah menghabiskan waktu seharian menikmati keindahan pantai, pastikan Anda juga menghabiskan waktu saat matahari tenggelam. Dari atas perbukitan, pantai ini menawarkan pemandangan sunset yang luar biasa. Terlebih lagi, pengelola pantai menyediakan spot terbaik untuk mengabadikan sunset dan area camping yang bisa Anda manfaatkan.

Lihat juga: Wisata Belanja dan Sejarah di Jalan Malioboro Jogja

Tiket Masuk Pantai Jogan

Untuk masuk ke pantai ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket retribusi pantai. Berikut beberapa biaya yang mungkin Anda keluarkan saat tiba di sana.

Tiket RetribusiRp5.000/orang
Parkir MotorRp2.000/kendaraan
Parkir MobilRp5.000/kendaraan

Jika ingin bermalam, Anda dapat menginap di penginapan sekitaran Pantai Siung. Harga penginapan yang tersedia berkisar antara Rp100.000 s.d Rp400.000 per malam.

Di antara puluhan pantai Gunung Kidul, Pantai Jogan merupakan satu-satunya pantai yang menyediakan perpaduan indah antara air terjun dan pantai. Pastikan Anda mengunjungi Pantai Jogan dan nikmati sensasi turun tebing di bawah air terjun!