Perusahaan Fintech Indonesia

Perusahaan Fintech Indonesia

Posted on

Kemajuan perusahaan fintech di Indonesia berkembang begitu cepat, ada banyak beberapa platform atau ecommerce yang memiliki jaringan yang begitu cepat dan luas. Tidak heran Indonesia untuk beberapa kemajuan teknologi sedang diperhitungkan. Di luar negeri sistem fintech itu terbagi dua ada khusus ritel dan perusahaan besar.

Sedangkan di tanah air perusahaan fintech itu banyak beberapa inovasinya berasal dari startup dengan berbagai tujuannya. Ada khusus pembayaran, peminjaman, dan berbagai kegunaan yang semuanya dapat mendorong kemajuan perusahaan. Nah, untuk itu ada berapa sih fintech terkenal di Indonesia?simak ulasan secara lengkapnya berikut ini.

1. Amartha

Perusahaan fintech di Indonesia pertama yang menarik untuk dibahas adalah dari Amartha dengan fintechnya bernama Tanggung Renteng. Konsep yang diberikan oleh Amarthe melalu fintechnya menggunakan sistem P2P lending yang dimana para anggota dapat menjadi investor untuk meminjamkan dana kepada beberapa orang yang sedang membutuhkannya.

Lihat juga usaha rumahan modal kecil

Pada konsepnya, sebelumnya Amartha memberikan konsep pembinaan pada beberapa orang di desa dengan jumlah mencapai 20 orang. Lalu, menggunakan cara layaknya koperasi yang saling membantu untuk melunasi hutangnya. Tetapi perjalanan nya tidak begitu mulus dan pada akhirnya fokus perusahaan merubah ke arah P2P lending yang masih bertahan sekarang ini.

2. Cek Aja

Salah satu bisnis fintech yang berkembang pesat di Indonesia berikutnya adalah cekaja.com yang melayani pinjaman online tanpa agunan, asuransi, dan investasi lainnya. Untuk prosesnya perusahaan ini memiliki progres yang begitu baik dan sekarang menjadi salah satu terbesar di Indonesia, karena banyaknya kebutuhan yang dapat terpenuhi melalui fintech ini.

Selain itu, ada beberapa program yang menarik juga untuk dipenuhi diantaranya dalam melakukan perbandingan terhadap langganan TV kabel dan internet. Hal inilah membuat perusahaan ini menjadi solusi untuk berbagai persoalan yang ada di masyarakat, salah satunya dengan adanya pinjaman online yang menarik untuk dilakukan.

3. Bareksa

Perusahaan fintech adalah perusahaan jasa keuangan yang dipadukan dengan kemajuan teknologi sekarang ini. Salah satu bisnis fintech yang besar di Indonesia berikutnya yaitu Bareksa yang sudah ada sejak 17 Februari 2013. Berdirinya perusahaan ini dibawah PT Karaniya Dharmasaputra dan pendiri salah satu portal berita VIVA.

Bareksa sendiri salah satu marketplace yang bergerak dibidang transaksi reksa dana yang dilakukan secara online. Selain itu, ada beberapa produk lainnya baik dari saham, investasi, dan obligasi yang membuat perusahaan ini cukup besar untuk kalangan tertentu di Indonesia. Tidak heran sekarang sudah lebih dari 90 produk reksa dana yang dapat Anda pilih dan beli.

4. Doku

Mungkin untuk Anda yang sedang melakukan dan aktif beriklan di Facebook, fintech satu ini sudah tidak asing lagi. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2007 dan sampai sekarang masih terus menunjukkan eksistensinya di masyarakat. Produknya ada 3 yaitu doku enterprise (pembayaran skala besar), wallet (penyimpanan uang digital), My shopping cart (UMKM)

Ada banyak jenis pembayaran yang kerjasama di dalam negeri baik itu BNI, BRI, Master Card, dan sebagainya yang sudah menerima untuk pembayaran online. Tidak hanya itu, doku banyak digunakan untuk berbagai transaksi seperti cicilan, bayaran kartu kredit, dan kebutuhan pembelian pulsa yang dapat Anda lakukan untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Go Pay

Perusahaan fintech yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia adalah produk pembayaran secara online satu ini. Dibawah perusahaan Go Jek Indonesia, fintech satu ini cukup cepat perkembangannya, karena basisnya sendiri sudah cukup besar di tanah air. Sehingga untuk melihat perkembangannya perusahaan ini cukup pesat dan sangat cepat.

Kehadiran gopay sangat membantu dalam transaksi pembayaran secara online dan tidak hanya kebutuhan ojek nya saja, tetapi untuk berbagai kebutuhan sudah banyak digunakan. Baik itu untuk pemesanan go food dan pembayaran di berbagai pusat perbelanjaan. Untuk itulah adanya go pay membuat semuanya lebih mudah dan Anda tinggal dapat deposit saja.

6. Midtrans

Perusahaan fintech itu apa?mungkin Anda masih bertanya-tanya mengenai kegunaan dan tujuannya. Perusahaan ini adalah jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi, untuk itu Anda dapat menggunakannya dengan berbagai kebutuhan. Salah satu fintech besar lainnya adalah Midtrans yang sudah ada sejak dari tahun 2012.

Midtrans sendiri gabungan dari MidPlaza Group, Net Price dan beberapa produk fintech lainnya yang tersebar di beberapa negara. Awalnya Midtrans ini berawal dari Veritrans berasal dari Jepang dan seiring perkembangan zaman berganti menjadi Midtrans. Sampai sekarang perusahaan ini terus berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat.

7. Uang Teman

Perusahaan fintech terdaftar OJK yang seru untuk dibahas berikutnya adalah Uang Teman, aplikasi pinjaman online yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Apabila dulunya Anda harus pinjam uang di bank, namun sekarang dapat dilakukan secara online. Menariknya lagi tidak membutuhkan persyaratan pinjaman yang sulit dan merepotkan Anda untuk dipilih.

Jika Anda tertarik untuk meminjam uang, modal yang dapat diajukan itu antara 1 sampai 3 juta rupiah dan masa tenor 1 bulan. Tetapi pastikan terlebih dahulu Anda sudah terdaftar menjadi nasabah dan mengisi data secara lengkap. Lalu, Anda dapat langsung mengajukan pinjaman dana sesuai dengan nominal yang telah ditentukan.

8. Tcash

Salah satu provider terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel membuat layanan atau perusahaan fintech yang cukup besar. Berdiri sejak tahun 2010, perusahaan ini berdiri untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi dan sampai sekarang masih terus digunakan oleh beberapa orang dan sudah ada pembaruan NFC yang memudahkan kinerja.

Masalah legalitas, fintech satu ini sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai perizinannya. Jika Anda menggunakan Tcash ada banyak merchant yang sudah bekerjasama, diantaranya adalah MCD, Gramedia, Cinema XXI, Baskin Robbins dan beberapa lainnya yang sudah sangat terkenal di Indonesia.

9. Finansialku

Jika Anda yang masih kesulitan untuk mengatur pengeluaran, ada baiknya Anda mencoba fintech satu ini yang dapat memberikan tips dan mengatur keuangan Anda secara digital. Tidak hanya itu saja, Anda akan mendapatkan berbagai kelebihan baik dari cara investasi saham, reksa dana dan sebagainya. Tentunya ini sangat bagus untuk keuangan masa mendatang.

Tidak hanya sampai disitu saja, lewat finansialku Anda akan dapat mengikuti berbagai kursus dan mempelajari mengenai keuangan. Hal ini sangat menarik untuk kaum millenials yang masih kesulitan untuk mengatur keuangannya dan langsung daftar saja ke finansialku.com

10. Modalku

Untuk Anda yang sedang melakukan bisnis dalam skala kecil, perusahaan fintech satu ii akan memberikan pinjaman ke pelaku usaha kecil atau biasa dikenal dengan UMKM. Bahkan Anda akan mendapatkan pinjaman dari 50 juta sampai 500 juta rupiah dengan masa tenor dari 3 sampai 12 bulan untuk masa pengembaliannya.

Lihat juga cara membeli barang di luar negeri

Jika Anda tertarik dapat langsung memberikan pengajuan kepada pihak Modalku dan isi beberapa persyaratan yang diberikan supaya permintaan Anda dapat terpenuhi. Dalam prosesnya pihak dari Modalku akan menarik komisi sekitar 3 sampai 4 persen yang didapatkan dari investor senilai 3 persen.

Sampai disini pembahasan mengenai fintech yang ada di Indonesia, mungkin dari Anda sudah lama menggunakan dari beberapa produk yang ada di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk Anda kedepannya.